Rumus rule of third di dalam fotografi

By August 1, 2013Artikel, Dasar Fotografi

Halo Sohib – sohibku yang baik hatinya, kali ini aku ingin berbagi pemahaman dan ilmu tentang tips membuat komposisi sepertiga bagian atau bahasa ingrisnya rule of thirds, foto yang indah nan bagus biasanya memakai rumus seperti ini nih sob, jadi maksudnya Aturan komposisi sepertiga bagian dalam fotografi adalah membagi frame foto menjadi 9 bagian yang sama, dimana sama untuk vertical maupun horisontalnya, terus gimana cara mbaginya zaf? trs kalau di kamera nyetingnya gimana? terus fungsinya apa kok harus di buat aturan seperti itu?? ( dari pada bingung kita lihat gabar di bawah ini )

komposisi-sepertiga-bagian-rule-of-thirds-photography

Nah garis – garis merah itu adalah garis pembagi yang di maksud, terus titik – titik cinta kuning itu adalah penempatan POI ( poin of interest ), jadi 1 frame foto itu di bagi menjadi  9 bagian yang sama, setelah itu pada persimpangan garis ( tanda cinta berwarna kuning ) itu fungsinya untuk menembatkan POI atau Objek yang menarik di foto, untuk foto model mata biasanya adalah POI dari foto, tapi juga ndak semuanya seperti itu, tinggal apa yang sohibku yang ingin kuatkan, bisa bibir, atau proprti yang di bawa, dll.

Teorinya adalah bahwa jika menempatkan POI di persimpangan atau sepanjang ke empat garis merah diatas bahwa foto akan menjadi lebih seimbang dan akan yang melihat foto kita bisa melihat dengan nyaman. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika melihat gambar yang mata orang-orang biasanya pergi ke salah satu persimpangan POI ( menurut penelition lho sob bukan menurutku )

 Pada saat pengambilan gambar seperti diatas aku tidak pernah begitu ribet ngepasin titik titik, cukup memakai feeling, karena di kamera Canon harus ganti focusing screen untuk bisa ngepasin titik titik tersebut, aku cukup menitik beratkan objek foto  di sebelah kiri, kanan, atas, bawah atau di tengah.dan nanti bisa Croping di Photoshop untuk ngepasin komposisinya.

Memang perlu banyak latihan dan eksperimen untuk bisa membuat foto yang bagus, rumus diatas bukan rumus baku yang harus kita taati, kita boleh saja melanggar aturan tersebut, tetapi alangkah lebih baiknya kita memahami prinsip dari rumus fotografi yang ada.

Dabawah ini sebagai contoh – contoh foto hebat menggunakan rumus matematika seperti diatas.. 😀

http://www.photographymad.com

saya ambil di http://www.photographymad.com

 

Cukup sekian dariku,selamat bereksperimet dan semoga bermanfaat.. 😀

About zafizack

Fotografi itu sebuah perjalanan, fotografi adalah sebuah ungkapan, dan fotografi adalah cerminan dari kepribadian........hubungi saya di Email : zafizack@gmail.com

Leave a Reply